Kamis, 12 Januari 2017

Iqro, Saatnya Meraih Bintang dengan Giat Belajar

Poster Iqro



“Pluto bukanlah Planet” sebuah penggalan percakapan yang tertera dari sebuah trailer film berjudul Iqro, Perjalanan meraih bintang.
Melihat detail trailer yang ditampilkan ada sebuah titik terang kemana arah film ini dijalankan. Memang benarlah bahwa sebuah trailer itu sudah mengandung 30% isi dari film. Saya pun sudah menerka isi dan pesan yang akan disampaikan.
Melihat judul dari film ini, film ini sepertinya berdasarkan sebuah ayat Al-Quran surat AlAlaq yang artinya Bacalah. Mengapa harus membaca? Jawabannya tentu dengan membaca kita akan mengetahui dunia dan seisinya, akhir dari hidup, serta kepribadian tentang pribadi ketuhanan yang dipancarkan. Benarkah sebuah tagline dari film ini yaitu perjalanan meraih bintang.
Melihat dari adegan film yang terlihat dari trailer yaitu sebuah perjuangan seorang gadis cilik bernama Aqila yang suka terhadap dunia astronomi. Kalimat “Pluto bukanlah planet” tersebut terdapat di awal penayangan trailer dimana Aqila sedang berdebat dengan temannya saat di kelas. Dari situ pula tercipta bahwa Aqila ingin membuktikan ke teman-temannya di kelasnya terhadap planet Pluto.
Aqila pun akhirnya berlibur ke rumah Opa nya di Lembang.  Opanya Aqila yang merupakan seorang astronom yang mengepalai observatorium Boscha mensyaratkan kepada Aqila agar bisa Iqro (mengaji) Al-Quran sebelum melihat planet Pluto. Disinilah benang merah dari adanya film ini.
Melalui Opanya pula Aqila diinfokan bahwa melalui Iqro dengan mengaji Alquran lah dunia dan ilmu pengetahuan bisa diketahui pula. Sebuah film yang inspiratif ini bukan saja diperuntukan untuk muslim namun juga seluruh khalayak untuk sebuah tema terus belajar untuk mendapatkan sebuah cita dan harapan yang diidam-idamkan.
Pada sebuah press conference yang berlangsung di Bandung, Neno Warisman yang berperan sebagai Oma mengatakan bahwa film ini kali pertama yang memperoleh ijin menggunakan teropong utama (teropong raksasa) Boscha dan membuka ruang atas Boscha Lembang Bandung untuk raih visual luar biasa dengan kamera drone.
Film yang ditayangkan pada 26 januari 2017 ini sepertinya layak dan pantas disebut sebagai inspirator dalam pembuatan film bertema anak-anak kepada produser lain lagi nantinya. Saya sebagai penikmat film juga merasakan aura inspirasi yang akan muncul dalam film ini. Selain itu saya berharap film ini juga bisa meraih sukses seperti film Petualangan Sherina, dan Laskar Pelangi yang mendapuk kesuksesan sebagai film dengan tema anak-anak.
Kamu masih penasaran dengan film ini? Yuks sama-sama saksikan trailer berikut ini:
 

 Nah, ini nih dibalik Layar film Iqro nih:
 

Kalo ini, pemain nya nih:



Sumber gambar dan video dari akun official resmi Iqro, Perjalanan Meraih Bintang

2 komentar:

  1. Baru tau film ini....
    Nanti coba nonton. Saya jg mau tau ttg pluto dan kaitannya dg al quran

    BalasHapus
  2. Baru tau film ini....
    Nanti coba nonton. Saya jg mau tau ttg pluto dan kaitannya dg al quran

    BalasHapus